B. Identifikasi dan Batasan Masalah Penelitian
1. Identifikasi Masalah Penelitian
Berdasarkan masalah yang dikemukakan, masalah
pembelajaran yang menjadi perhatian peneliti dan menuntut pemecahan berkaitan
dengan:
a.
Belum optimalnya merancang proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran inkuiri
terbimbing berdasarkan fase-fase sehingga guru merasa kesulitan dalam
menuangkannya ke dalam RPP
b.
Belum optimalnya proses pembelajaran
yang melibatkan siswa secara langsung dalam pembelajaran guna
menciptakan pengalaman dan kondisi belajar yang bermakna bagi siswa
terutama pada materi yang memerlukan praktik atau percobaan
c.
Belum optimalnya mengembangkan proses pembalajaran yang dapat memberikan
kemudahan bagi siswa untuk berinteraksi dengan lingkungan pembelajaran karena hanya
memberikan pengalaman yang verbalistik kepada siswa.
2.
Batasan Masalah Penelitian
Batasan masalah dalam penelitian ini adalah
pengembangan model pembelajaran inkuiri terbimbing dilakukan di kelas IV
Sekolah Dasar Gugus Anggrek Kecamatan Rajapolah. Pengembangan model
pembelajaran inkuiri terbimbing difokuskan pada Tema Selalu Berhemat Energi dan
mengambil Subtema gaya dan gerak pada pembelajaran 2. Mata pelajaran yang
dipadukan yaitu IPA, Bahasa Indonesia, dan
SBdP. Materi yang diajarkan dalam pembelajaran 2 ini tentang konsep gaya
gesek.
C.
Rumusan Masalah Penelitian
Berdasarkan latar belakang yang telah
dijelaskan, peneliti merumuskan masalah sebagai berikut:
a.
Bagaimana model pembelajaran pada subtema gaya dan gerak yang biasa
digunakan di Kelas IV Sekolah Dasar Gugus Aggrek Kecamatan Rajapolah ?
b.
Bagaimana rancangan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada subtema
gaya dan gerak di kelas IV Sekolah Dasar Gugus Aggrek Kecamatan Rajapolah ?
c.
Bagaimana implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbing pada
subtema gaya dan gerak di kelas IV Sekolah Dasar Gugus Aggrek Kecamatan
Rajapolah ?
d.
Bagaimana model pembelajaran inkuiri terbimbing pada subtema gaya dan
gerak yang dapat digunakan untuk siswa di kelas IV Sekolah Dasar Gugus Aggrek
Kecamatan Rajapolah ?
D. Tujuan Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah, maka tujuan
penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.
Untuk mengetahui model pembelajaran yang biasa digunakan di Kelas IV
Sekolah Dasar Gugus Aggrek Kecamatan Rajapolah
2.
Untuk menghasilkan rancangan
model pembelajaran inkuiri terbimbing pada subtema gaya dan gerak di kelas IV
Sekolah Dasar Gugus Aggrek Kecamatan Rajapolah
3.
Untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbing
pada subtema gaya dan gerak di kelas IV Sekolah Dasar Gugus Aggrek Kecamatan
Rajapolah
4.
Untuk menghasilkan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada subtema
gaya dan gerak di kelas IV Sekolah Dasar Gugus Aggrek Kecamatan Rajapolah
E. Manfaat Penelitian
1.
Bagi Siwa
Penelitian
ini diharapkan dapat membantu siswa memahami materi pembelajaran secara mudah dan
dapat belajar secara aktif sehingga dapat membangun pengetahuannya sendiri
melalui keterampilan proses sains seperti pengamatan dan eksperimen.
2.
Bagi Guru
Penelitian
ini diharapkan dapat digunakan sebagai pedoman dalam merancang proses
pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran yang variatif dengan
melibatkan siswa secara aktif sehingga memberikan pembelajaran yang bermakna.
3.
Bagi Peneliti
Meningkatkan
keterampilan dan wawasan dalam
merangcang proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran yang variatif.
Selain itu, peneliti dapat memahami penggunaan pengembangan model inkuiri
terbimbing yang dapat membantu tujuan pembelajaran yang diharapkan.
F. Struktur Organisasi Skripsi
Struktur organisasi skripsi merupakan pedoman
dalam menyusun laporan penelitian. Struktur organisasi skripsi ini sebagai berikut :
1.
BAB I Pendahuluan
Pendahuluan
berisi latar belakang penelitian, identifikasi
dan batasan masalah penelitian, tujuan penelitian, manfaat penelitian, dan struktur organisasi skripsi
2.
BAB II Kajian Pustaka
Kajian
pustaka memaparkan landasan-landasan teoritik dalam menyusun rumusan masalah
dan tujuan penelitian
3.
BAB III Metode
Penelitian
Bab
ini berisi penjabaran tentang metode penilitian yang terdiri dari lokasi dan subjek
penelitian, metode penelitian, pengembangan model pembelajaran, definisi operasional,
instrumen penelitian, prosedur penelitian, teknik pengumpulan data.
4.
BAB IV Hasil Penelitian
dan Pembahasan
Bab
ini berisi hasil penelitian dan
pembahasan hasil penelitian yang dikaitkan dengan landasan teoritik yang telah
dibahas dalam kajian pustaka.
5.
BAB V Kesimpulan dan Saran
Bab
ini menyajikan penafsiran dan pemaknaan
peneliti terhadap hasil analisis temuan penelitian
6.
Daftar Pustaka
Daftar
pustaka berisi semua sumber yang pernah dikutip dan digunakan dalam penulisan
skripsi.
7.
Lampiran
Lampiran
berisi semua dokumen yang digunakan dalam penelitian dengan memberi nomor urut
pada setiap lampiran untuk memudahkan pembaca
Tag :
Skripsi IPA
0 Komentar untuk "Contoh Penulisan Identifikasi dan Batasan Masalah Penelitian dalam Skripsi IPA"